Loading...

Tips Membuat Sabun Alami Yang Ramah Lingkungan Dengan Menggunakan Biji Klerek !

Loading...
Kalau saya ingat rasanya almarhum nenek saya sudah lebih dulu melakukan peduli lingkungan daripada kami cucu-cucunya. Nenek saya selalu membuang ampas kopi dan teh di pot tanaman, dan yang paling saya ingat adalah beliau selalu mandi dan mencuci menggunakan biji berwarna coklat kehitaman. Beliau menyebutnya Klerek. Katanya sabunan pakai klerek lebih enak di badan, sedangkan mencuci pakaian dengan klerek lebih bersih dan warna kain tetap awet. Saya tidak pernah mencobanya, baru-baru ini saya teringat tentang biji klerek ini, setelah saya membaca beberapa artikel bahwa deterjen dalam sabun sangat merusak lingkungan, saya jadi ingin banyak tahu tentang biji klerek ini.


Klerek ternyata memang dari jaman dahulu digunakan untuk mencuci kain batik,  mandi, keramas  bahkan juga untuk membersihkan perhiasan emas dan perak.

Bagaimana Klerek bisa berbusa ini karena biji klerek menandung saponin yang dapat bereaksi dengan air dan menghasilkan busa sabun alami.
Klerek adalah biji dari tanaman dengan nama latin Sapindus Trifoliatus. Klerek mengandung (+) – Saponin A, saponin C, sapindosid A, sapindosid B, emarginatoside-B, emarginatoside-C, karagenan, histamin, serotonin, zymosan, tipe II cyanolipids, asam lemak, asam oleat, asam arachidic, asam 11-iecosenoic, asam cisvaccenic, asam 13-eicosenoic.

Selain digunakan sebagai sabun, Klerek juga berkhasiat untuk mengobati penyakit eksim, psoriasis. Mengobati dan menghilangkan bintik-bintik, epilepsi, Berkhasiat emetik, tonik, sifat zat dan anti-helmintic tanaman klerek digunakan untuk mengobati asma. Akar dan kulit kayu dianggap sebagai ekspektoran ringan dan penawar rasa sakit. (sumber: iloveindia.com)

Cara membuat Sabun Klerek:

  • Siapkan biji klerek kira-kira 30 butir kemudian ambil dagingnya saja dan buang isinya.
  • Siapkan wadah untuk merebus, masukan daging biji klerek ditambah dengan air kira-kira 3 liter kemudian rebuslah kira-kira setengah jam.
  • Biasanya akan timbul busa, dan hal ini menandakan jika zat saponin sudah keluar dari daging biji Klerek dan tercampur dengan air ketika direbus.
  • Jika sudah demikian angkat dan dinginkan, kemudian saringlah dan masukan kedalam botol.
  • Sabun Klerek alami siap untuk digunakan.


Mudah sekali bukan sobat neo , mulai sekarang beralihlah kepada yang alami, karena bebas bahan bahan kimia dan tentunya menjadikan kita lebih sehat.
Loading...
Loading...
Tag : Tips
Back To Top