Loading...

Ketimbang Berantakan Mending Korannya di Jadikan Bungkus Sayuran. Supaya Tetap Segar Tak Mudah Layu!!

Loading...
Bagi para ibu yang sibuk bekerja biasanya berbelanja sayur dan buah selama seminggu. Ini memudahkan mereka menyiapkan makanan di pagi hari sebelum pergi bekerja. Tetapi ada kalanya sayur atau buah yang dibeli harus terbuang percuma karena kisut, mengkerut, layu atau busuk. Lalu bagaimana mensiasati agar sayur dan buah yang sudah dibeli dapat bertahan lama sampai saatnya siap diolah?

Tips yang akan saya bagikan pada artikel ini cukup simpel dan ga pake ribet kayak tips-tips lainnya, pertama jangan bungkus sayuran dengan plastik kresek atau sejenisnya, lalu pake apa mas? 

Beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menyimpan sayuran yaitu dengan cara membungkus sayur dengan kertas koran. Saat anda membelinya di tukang sayuran, tentunya sayuran yang diberikan akan dibungkus koran. Hal ini sangat baik karena dapat menyerap air yang ada dalam sayuran. Daya serap koran akan baik dan mencegah proses pembusukan. Saat anda hendak membungkus sayuran anda, sebaiknya anda membungkusnya dalam keadaan kering. Bersihkan saja dari kotoran atau tanah yang menempel namun tidak menggunakan air. Saat anda ingin memasak sayuran tersebut, jangan lupa anda mencuci ulang sayuran anda. Apabila anda mencuci sayur terlalu bersih sebelum penyimpanan maka anda akan merusak sel yang berfungsi untuk melindungi sayur dalam proses pembusukan. Hal itu akan membuat sayuran lebih cepat rusak dan layu. Selain itu, kotoran yang dijumpai di sayuran juga dapat berfungsi untuk menghambat masuknya bakteri yang ada dalam sayuran.

Saat anda menemukan berbagai jenis sayur mayur, tentunya anda akan berpikir apa yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Agar anda dapat mencegah sayuran anda mengalami proses pembusukan, sebaiknya anda tidak memotong tangkai. Pemotongan tangkai pada sayuran hanya akan mempercepat proses pembusukan saja. Hal ini dikarenakan pemotongan tangkai memungkinkan bakteri cepat masuk ke dalam sayuran dan akan membuat sayuran anda menjadi lebih cepat membusuk. Oleh karena itu, sebelum anda menyimpan sayuran, sebaiknya anda tidak perlu terlalu membersihkannya. Hal ini dimaksudkan agar sayur yang anda simpan lebih tahan lama.

Alasan menggunakan koran atau karton adalah karena bungkus ini dapat mencegah pengendapan air yang menjadi penyebab sayur cepat busuk dan menjaga sirkulasi udara tetap stabil. 

Jadi mulai sekarang bungkus sayur dalam kulkas pakai kertas aja ya (koran tau karton ya kawan-kawan :-)

Loading...
Loading...
Tag : Informasi, Ragam, Tips
Back To Top