Loading...

Cara Paling Praktis Membuat Telur Asin Kaya Gizi Hanya Dengan Merendam Telur Dalam Air !

Loading...
Anda penggemar telur asin? Telur asin memang banyak disukai orang, telur dengan cita rasa masir cenderung asin ini biasanya dibuat dari telur bebek. Biasanya telur asin diproduksi oleh industri skala rumahan.


Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi dari telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang memiliki ciri khas cangkang telur yang berwarna hijau-kebiruan.

Telur asin memiliki banyak khasiat dari kandungan gizinya. Telah banyak kajian mengenai kandungan gizi pada sebutir telur. Orang juga sudah banyak tahu betapa besar kandungan proteinnya.

Namun, kajian mengenai nilai gizi telur asin belum begitu populer. Padahal selain mengandung hampir semua unsur gizi dan mineral lengkap, kandungan kalsium meningkat 2,5 kai setelah pengasinan. Berikut adalah kandungn gizi dari sebutir telur asin.

Informasi Gizi per 1 buah

Energi = 195 kkal
Protein = 13,6 gr
Lemak = 13,6 gr
Karbohidrat = 1,4 gr
Kalsium = 120 mg
Fosfor = 157 mg
Zat Besi = 2 mg
Vitamin A = 841 IU
Vitamin B1 = 0,28 mg

Cara pembuatan telur asin dikenal dengan 2 metoda, yaitu yang pertama dengan merendam telur dalam larutan garam, sedangkan yang kedua dengan cara merendam telur dalam pasta yang berupa campuran garam, batu bata dan abu gosok.

Cara kedua biasanya dilakukan oleh industri telur asin yang memproduksi telur asin secara masal. Sedangkan cara pertama yaitu merendam telur asin dalam air garam lebih cocok digunakan untuk membuat telur asin untuk konsumsi sendiri dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, karena cara ini memiliki kelemahan yaitu telur asin yang dihasilkan kurang tahan lama, walaupun kelezatannya tak kalah dengan telur asin yang diproduksi dengan cara kedua.

Membuat Telur Asin di Rumah

Bahan:

  • 20 butir Telur Bebek mentah
  • 1 kg garam
  • 1500 ml air
  • Amplas Kayu


Cara:

Rebus air dan garam hingga garam larut diamkan hingga benar-benar dingin.

Kemudian amplas kulit telur pelan-pelan,hingga agak merata, lakukan hingga semua telur teramplas kemudian cuci bersih dan keringkan.

Siapkan wadah, tata telur masukan air garam kemudian tutup rapat wadah diamkan hingga 2 sampai 3 minggu

Keluarkan telur dari wadah, lalu rebus hingga matang. Telur asin siap dinikmati.

Baca Juga


Catatan:

Anda bisa mengunakan telur ayam biasa bila tidak ada telur bebek.
Gunakan telur yang segar dan baru agar didapat kualitas telur asin yang baik.
Telur diamplas maksudnya agar pori-pori telur terbuka, dan larutan garam mudah meresap ke dalam telur. Lakukan dengan hati-hati.
Jika dirasa kurang asin, maka Anda harus memperpanjang waktu perendaman.
Pastikan wadah tertutup rapat dan kedap udara.
Beberapa orang mencoba menambahkan rempah seperti irisan bawang putih atau merica pada rebusan  air garam untuk meningkatkan citarasa.

Di bawah ini kami sertakan video cara membuat telur asin dengam metoda perendaman dalam air garam. Selamat Mencoba!
Loading...
Loading...
Tag : Informasi, Ragam, Tips
Back To Top