Loading...

Coba Masukan Kulit Jeruk dan Cuka ke Dalam Toples,1 Minggu Kemudian Tak Disangka "Air Ajaib" Ini Jadi Pembersih Serba Guna!

Loading...
Butuh pembersih serbaguna untuk keperluan rumah tangga yang bebas dari bahan kimia dan terjangkau? Saatnya kamu mencoba untuk membuat cairan pembersih alami yang hanya membutuhkan dua bahan utama, yaitu kulit jeruk dan cuka.

Bukan cuma efektif dalam menghilangkan noda dan kotoran yang ada di dalam rumah, cairan pembersih ini juga akan memberikan wangi segar yang tidak bisa kamu temukan di pembersih lain pada umumnya. Tanpa zat-zat kimia berbahaya lainnya, cairan ini pastinya alami dan mudah dibuat karena bahannya bisa ditemukan di dapurmu sendiri. Kata siapa lemon dan jeruk cuma bisa diolah menjadi jus dan resep makanan atau minuman lain.


Penasaran dengan cairan pembersih alami yang dimaksud? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan cairan pembersih kulit jeruk yang mujarab tersebut:

Bahan-bahan

  • 700 gr kulit lemon dan jeruk
  • 500 ml cuka putih
  • Wadah gelas berukuran 1 liter
  • Botol spray kecil


Cara Membuat

Masukkan kulit lemon dan jeruk dalam wadah gelas yang sudah disediakan. Pisahkan dulu daging dan kulitnya dengan pisau yang tajam supaya tidak ada bagian daging buah yang ikut masuk. Campur kulit lemon dan jeruk dengan cuka putih lalu tutup rapat wadah tersebut. Letakkan di tempat yang sejuk dan gelap selama seminggu.

Saring larutan pembersih yang telah dibuat ke dalam botol spray, simpan kulit lemon dan jeruknya untuk lain waktu. Cairan pembersih dari kulit jeruk pun siap kamu gunakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

Kulit lemon dan jeruk mengandung limonene, pelarut alami yang membantu membersihkan rumah, sedangkan cuka secara efektif membunuh kuman dan bakteri karena tingkat keasamannya. Dengan mencampur kedua bahan ini, berarti kamu menciptakan solusi pembersih yang aman dengan bahan alami yang bisa digunakan untuk apa saja, terutama jika ada anak kecil di dalam rumah.

Kamu bisa menggunakan cairan ini untuk furnitur kayu, perkakas dapur, atau perabotan kamar mandi. Untuk mengisi ulang saat cairan tersebut habis, gunakan kembali kulit lemon dan jeruk sebelumnya dan campur lagi dengan cuka.

Sebagai tambahan hiasan ruangan, buah jeruk dan lemon juga bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi ruangan sekaligus pewangi. Letakkan saja beberapa buah lemon di dalam vas bunga transparan sebelum menata bunga atau ranting diatasnya. Paduan warna kuning menyala dengan semerbak alami, dijamin akan membuat ruangan semakin segar.

Tips Lain Menggunakan Jeruk dan Lemon

Masih seputaran kulit jeruk dan lemon, kamu juga bisa mengkombinasikan bahan-bahan tersebut untuk membersihkan banyak sekali benda-benda di dalam rumah. Berikut adalah beberapa tips yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mendapatkan rumah dan perkakas yang bersih menggunakan pembersih alami:

Punya hiasan dari tembaga yang sudah pudar warnanya? Gosokkan tetesan sari buah lemon di kain basah. Gosok dan hiasan akan kembali mengkilap.Kuningan dan aluminum juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan campuran jus lemon dan sedikit taburan garam. Metode ini juga efektif untuk perkakas dari bahan stainless steel.

Jangan buang dulu daging buah lemon yang baru kamu potong dan peras. Gunakan potongan lemon pada keran air untuk mengenyahkan noda air dan bekas-bekas sabun yang lama menempel.

Sari lemon bisa juga kamu semprot ke sepatu sneakers putih sebelum dijemur di bawah terik matahari. Selain wangi, warna putih sepatumu juga akan lebih bersinar.

Jika kain atau pakaian dalam dari bahan halus terkena noda, rendam saja di air yang telah diberikan beberapa tetes jus lemon dan sedikit baking soda selama 30 menit. Cuci seperti biasa setelahnya.

Sebelum menekan tombol “on” pada mesin cuci kamu, masukkan saja beberapa tetes sari lemon untuk menambah wangi alami, memutihkan pakaian, dan melenyapkan karat yang ada di mesin cuci.

Jus lemon juga ampuh untuk menghilangkan noda tinta di pakaian. Segera teteskan setelah terkena tinta dan cuci seperti biasa di air dingin.

Jika jamur tumbuh pada pakaian karena apek dan lama disimpan, buat cairan sari lemon dan garam untuk dilumuri pada daerah jamur tersebut. Jemur di bawah terik matahari setelahnya.

Pasti mama kamu sering meletakkan potongan jeruk nipis di mangkuk kecil berisi sabun cuci piring. Hal itu untuk membuat aroma lemon yang menyenangkan.

Butuh penyegar ruangan instan? Campurkan potongan lemon atau jeruk di air dan rebus beberapa saat. Tuang di dalam piring dan biarkan cairan bekerja menyerap bau di ruangan tersebut.

Sisa kulit jeruk boleh ditinggalkan dalam laci-laci di dapur untuk pengharum. Tambahkan sedikit cengkeh untuk mengusir kutu.

Banyak sekali bukan manfaat lemon dan jeruk yang belum kamu duga sebelumnya? Dari kulit sampai tetesan sari dari buah ini ternyata benar- benar banyak manfaatnya.

Ayo buat sendiri cairan pembersih dari kulit jeruk dan manfaatkan juga buah kecil satu ini untuk mendapatkan hasil bersih- bersih rumah yang alami, harum, murah, dan efektif.

Sumber:blog.qlapa.com
Loading...
Loading...
Tag : Informasi, Ragam, Tips
Back To Top