Loading...

Pusing Harga Bawang Makin Perih, Yuk Coba Tips Cara Mudah Menanam Bawang dengan Media Kulit Telur !!

Loading...
Telur merupakan bahan makanan berprotein tinggi serta mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kita. Selain bermanfaat bagi manusia, ternyata telur juga bermanfaat bagi tanaman, khususnya cangkang telurnya.


Limbah cangkang telur bisa kita manfaat dalam dunia pertanian. Salah satunya yaitu untuk menanam bawang putih maupun bawang merah.

Kulit telur mengandung banyak kalsium karbonat yang dapat dijadikan pupuk untuk tanaman. Zat ini pada tanaman berfungsi untuk memperkuat tanaman, membantu pembentukan kayu, pertumbuhan akar, pembentukan buah dan biji.

Bagaimana cara Menanam Bawang Putih Menggunakan Kulit Telur? maka yang perlu anda siapkan adalah:

Alat dan bahan:

  • Kulit telur yang masih utuh 80%
  • Tanah
  • Pupuk kompos/kandang
  • Bawang putih/bawang merah
  • Gelas
  • Air

Cara membuat:

1. Siapkan bawang putih maupun bawang merah, lalu direndam dalam air (jangan terendah keseluruhan, cukup rendam sebagian saja) kemudian diamkan selama 2 hari.

2. Siapkan cangkang telur, cuci bersih cangkang telur dan jemur hingga kering.

3. Masukan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos maupun pupuk kandang kedalam cangkang telur.

4. Kemudian, masukkan benih bawang putih yang sudah di rendam sebelumnya (Option : potong sedikit pada ujung bawang putih, ini membuat tunas lebih cepat tumbuh).


5. Siram dengan sedikit air, dan letakan di emperan rumah, biasanya akar akan tumbuh 1-2 hari dan tunah akan tumbuh sedikit lebih lama (karena pada percobaan ini saya tidak memotoh bawang putih terlebih dahulu pada ujungnya).
6. Kalau dirasa sudah cukup besar, maka bisa anda pindahkan pada pot maupun polibag yang lebih besar (cangkang telurnya ikut ditanam).


Demikian ulasan tentang telur dan cara menanam bawang putih dengan memanfaatkan limbah cangkang telur, semoga menambah pengetahuan dan inspirasi untuk anda. Terima kasih.


Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi oleh Sugeng Riyadi (Putra Tani)
Loading...
Loading...
Tag : Informasi, Ragam, Tips
Back To Top